Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda

Iklan 728x90

Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda

Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda - Hallo sahabat Zona Psikologyst, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kepribadian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda
link : Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda

Baca juga


Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda

Gangguan kepribadian ganda adalah kondisi di mana terdapat dua atau lebih kepribadian yang berbeda di dalam diri seseorang. Dua sosok ini masing-masing berdiri sendiri. Kekerasan fisik, emosional, atau seksual yang terjadi secara berulang-ulang pada masa kecil berisiko menyebabkan kepribadian ganda.


Kepribadian ganda dikenal juga dengan sebutan gangguan identitas disosiatif (dissociative identity disorder). Sebenarnya, sebagian orang pernah mengalami disosiatif ringan, misalnya melamun atau hilang arah ketika sedang mengerjakan sesuatu. Namun, kepribadian ganda adalah bentuk dari gangguan disosiatif yang sudah berat.
Tanda-Tanda Gangguan Kepribadian Ganda
Orang yang memiliki kepribadian ganda kadang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kelainan. Salah satu tanda dan gejala yang dapat menandakan bahwa seseorang memiliki ciri kepribadian ganda yaitu merasa seperti dirasuki ketika kepribadian akan berganti, beberapa orang menggambarkan kondisi ini seperti kesurupan. Banyaknya kepribadian yang muncul dalam diri seseorang merupakan respons adaptif terhadap rasa sakit, takut, dan trauma yang luar biasa. Hal ini mirip dengan mekanisme pertahanan diri.


Masing-masing kepribadian pada gangguan kepribadian ganda memiliki identitas berbeda satu sama lain. Setiap kepribadian memiliki pola pikir, cara berbicara, perilaku, jenis kelamin, dan usia yang berbeda. Masing-masing kepribadian dapat memegang kendali penuh atas tubuh si penderita secara bergantian. Penderita merasa ada orang lain yang hidup di tubuhnya.

Tanda-tanda lain pada gangguan kepribadian ganda adalah:
1. Mengalami penyimpangan ingatan
Penderita sering lupa tanggal penting dalam hidupnya, seperti tanggal lahir, tanggal kelahiran anak, atau tanggal pernikahan. Sifat lupa ini dinilai jauh lebih parah dibandingkan sifat lupa yang normal. Penderita juga sering kali tidak ingat alasan ketika sedang berada di suatu tempat.


2. Merasa asing dengan orang-orang di sekitar
Penderita dipanggil orang lain dengan nama A, padahal dia merasa namanya B. Selain itu dia merasa tidak mengenali orang-orang di sekitarnya ketika kepribadiannya berganti.
3. Memiliki gangguan psikologis
Penderita kepribadian ganda tak jarang merasa terganggu dengan kondisi yang dideritanya sehingga muncul gangguan psikologis lain seperti dilanda rasa panik atau cemas berlebihan. Suasana hati sering berubah seperti sering merasa sedih, marah, merasa tidak berharga, bahkan sampai merasa ingin bunuh diri. Gangguan makan dan tidur juga bisa dialami oleh penderita kepribadian ganda.


4. Gejala depersonalisasi
Tanda ini bisa digambarkan sebagai sensasi seperti menonton atau melihat diri sendiri ketika kepribadian lain menggantikan karakter asli seseorang. Orang yang mengalami gejala ini seakan tak berdaya dan hanya bisa melihat ketika tubuhnya diganti oleh kepribadian lain. Ketika merasakan gejala ini, orang dengan kepribadian ganda juga dapat merasa sulit mengenal realita.
5. Sering tidak sadar akan hal yang dilakukan
Ketidaksadaran ini bukan disebabkan oleh amnesia, melainkan karena memiliki kepribadian yang lebih dari satu. Identitas diri yang beragam membuat bingung dan lupa terhadap hal-hal yang dilakukan dengan identitas lainnya.


6. Tidak dapat mengingat waktu dengan jelas
Pemilik kepribadian ganda sering tidak menyadari waktu yang sedang berjalan. Mereka sering bingung tentang jam, hari, tanggal tertentu. Ini juga bukan karena amnesia.
7. Merasa sakit ketika berpindah kepribadian
Seseorang dengan kepribadian ganda biasanya merasa sakit yang tanpa diketahui penyebabnya. Ini terjadi ketika proses pergantian kepribadian, biasanya sakit kepala hebat atau kelelahan.
8. Memiliki rasa trauma yang mendalam
Tidak sedikit orang yang memiliki kepribadian ganda akibat mengalami trauma sebelumnya, baik secara fisik maupun emosional. Gangguan kejiwaan ini muncul akibat ia tidak dapat menerima dirinya sendiri saat mengalami kejadian trauma tersebut, sehingga secara tidak sengaja timbullah karakter baru dalam dirinya.
9. Memiliki kemampuan yang berubah-ubah
Orang dengan kepribadian ganda bisa terlihat ahli dalam banyak bidang. Setiap pribadi yang dimilikinya mempunyai kemampuan sendiri-sendiri. Jadi setiap kali kepribadiannya berganti, kemampuannya berganti juga. Misalnya suatu saat ia ahli dalam memasak, namun ketika berganti kepribadian, ia sama sekali tidak mengerti tentang masak memasak.
10. Sering depresi dan tidak bahagia dengan diri sendiri
Perasaan ini pasti dimiliki oleh pemilik kepribadian ganda. Wajar saja, karena ia mengalami perubahan-perubahan dalam dirinya secara tiba-tiba dan terus menerus.
11. Sering mengalami halusinasi
Penderita kepribadian ganda sering mengalami halusinasi seperti penderita skizofrenia. Ia merasa terganggu dengan suara-suara tidak jelas yang tiba-tiba terdengar entah dari mana asalnya. Hal ini juga yang menyebabkan depresi. Tanda gangguan kepribadian ganda sering disamakan dengan skizofrenia, padahal kedua gangguan ini jauh berbeda. Skizofrenia adalah gangguan mental yang salah satu gejala utamanya sering berhalusinasi, yaitu melihat atau mendengar hal-hal yang tidak nyata. Orang dengan skizofrenia tidak mengalami kepribadian ganda.
Pemeriksaan dan Penanganan Gangguan Kepribadian Ganda
Tanda dan gejala pada gangguan kepribadian ganda ini perlu dipastikan bukan muncul karena efek obat-obatan seperti narkoba, alkohol, atau penyakit tertentu seperti epilepsi atau tumor otak. Untuk memastikan diagnosis kepribadian ganda, pasien perlu menempuh pemeriksaan oleh ahli kejiwaan atau dokter. Pemeriksaan ini termasuk pemeriksaan fisik, evaluasi medis kejiwaan, dan pemeriksaan penunjang seperti tes darah atau urine untuk mendeteksi kemungkinan penyalahgunaan obat atau zat tertentu. Selain itu, sejauh ini belum ada pengobatan yang secara khusus bisa menyembuhkan kepribadian ganda. Penanganan yang umumnya dianjurkan adalah melalui kombinasi terapi psikologis, di antaranya psikoterapi atau konseling dan terapi perilaku, disertai pemberian obat-obatan. Karena gangguan kepribadian ganda ini seringkali disertai adanya masalah kejiwaan lain, seperti depresi dan kecemasan, obat antidepresan dan obat penenang mungkin akan diresepkan untuk mengontrol gejala. Respons masing-masing orang dengan kepribadian ganda berbeda-beda, namun umumnya terapi dapat membantu menangani gejala jika dilakukan secara rutin. Terapi juga berperan untuk mencegah munculnya masalah psikologis dan perilaku terkait gangguan kepribadian ganda. Orang dengan kepribadian ganda mungkin akan kesulitan dalam menjaga hubungan dengan orang-orang di sekitarnya, dapat menyakiti diri sendiri, menyakiti orang lain, atau menyalahgunakan obat-obatan. Terapi yang akan dijalani oleh penderita akan berfokus agar penderita nyaman berhubungan dengan orang lain dan mencegah penderita melakukan hal-hal berbahaya.

Referensi :


Demikianlah Artikel Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda

Sekianlah artikel Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Mengenal Orang Dengan Kepribadian Ganda dengan alamat link http://www.ideguru.com/2019/02/mengenal-orang-dengan-kepribadian-ganda.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment