Kelebihan dan Keistimewaan Introvert

Iklan 728x90

Kelebihan dan Keistimewaan Introvert

Kelebihan dan Keistimewaan Introvert - Hallo sahabat Zona Psikologyst, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kelebihan dan Keistimewaan Introvert, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Kelebihan dan Keistimewaan Introvert
link : Kelebihan dan Keistimewaan Introvert

Baca juga


Kelebihan dan Keistimewaan Introvert

Seseorang dengan kepribadian introvert bukannya pemalu atau penyendiri. Namun, dia memang akan lebih bersemangat, fokus, dan berenergi saat sendirian daripada saat berkumpul bersama orang lain. Ini bukan hal yang buruk. Justru banyak orang introvert yang memiliki pribadi kuat, ambisius, dan bisa menerima diri sendiri. Nah, hal-hal ini bisa membuatnya membawa pengaruh baik untuk orang-orang yang ada di sekitarnya. Berteman atau bersahabat dengannya akan memberimu kebaikan-kebaikan ini. Berikut ini sudah saya tuliskan kelebihan dan keistimewaan seorang introvert.

1. Introvert sudah merencakan sesuatu dengan baik
Introvert cenderung melakukan persiapan yang mendalam, terutama di tempat kerja.
Hal ini mungkin berasal dari kecenderungan mereka untuk lebih lama memikirkan dan menjawab pertanyaan ketimbang ekstrovert.
Untuk menghindari pertanyaan yang tidak terduga, introvert lakukan persiapan untuk hampir setiap hal sebelumnya.
"Menjadi siap juga berkontribusi untuk merasa percaya diri," kata Jennifer Kahnweiler, penulis 'Quiet Influence'.
2. Imajinasi
Bibir introvert bisa saja tak bergerak. Raut mukanya juga datar. Tetapi tak banyak orang yang tahu kalau pikiran dan perasaannya justru sangat ramai. Mereka seperti memiliki dunia sendiri, yang mungkin aneh menurut orang lain, tetapi sangat asyik menurut diri mereka sendiri.
3. Penyendiri
Keadaan sendirian bisa menjadi bencana kecil bagi ekstrovert. Namun kamu justru melihatnya sebagai anugerah yang patut dirangkul dan disyukuri. Bagaimana pun, kesendirian menjadikan akses dalam dirimu jadi lancar. Ide-ide kreatif pun bisa bermunculan tanpa adanya sesuatu yang bikin gagal fokus.
4. Introvert sering menjadi penulis hebat
Isaac Asimov, penulis I, Robot, dan karya fiksi ilmiah lainnya, pernah berkata, "Menulis, bagi saya, hanya berpikir melalui jari-jariku."
Banyak di antara introvert yang merasa nyaman dalam mengekspresikan diri melalui tulisan, dan kemungkinan besar mereka akan setuju.
"Introvert dapat menuliskan ide-ide mereka secara penuh dan memastikan mereka mengklarifikasi ide-ide mereka daripada terputus oleh orang lain,” jelas Kahnweiler.
5. Seorang pendengar yang luar biasa
Karena mereka tenang oleh alam, orang introvert merupakan pendengar yang baik.
Mereka cenderung hati-hati mengambil semua informasi dan pendapat, dan hanya setelah mencernanya, menawarkan jawaban yang bijaksana.
Sebuah studi dari Harvard Business School menemukan bahwa introvert dapat menjadi pemimpin yang lebih baik daripada ekstrovert.
"Seorang pemimpin introvert lebih cenderung mendengarkan dan memproses ide-ide dari tim yang bersemangat," tulis studi profesor Harvard Business School, Carmen Nobel.
6. Konsentrasi
Kebanyakan orang introvert bisa membagi-bagi konsentrasi. Kalau memang sedang di tempat kerja, maka prioritas pikirannya memang tentang pekerjaan. Kelebihan ini juga membuatnya lihai dalam hobi atau profesi yang menuntut konsentrasi seperti penulis, ilmuwan, seniman, dsb.
7. Perhatian
Mereka memiliki jiwa observasi yang cukup tinggi. Mereka tampak diam dan jutek, padahal tengah memerhatikan keadaan secara seksama. Mereka juga cenderung memberi perhatian tanpa harus memperlihatkan atau menggembar-gemborkannya. Apalagi kalau sama orang-orang yang sangat penting atau berharga.
8. Pemecah Masalah (Problem Solver)
Introvert dikenal memiliki pemikiran yang kompleks dan daya analisis yang baik.
Oleh karena itu, tidak salah jika orang-orang sering bertanya kepada para introvert, karena mereka biasanya selalu mempunyai jawaban atau paling tidak, selalu mencoba mencari jawaban atas pertanyaan yang ada.
9. Introvert adalah pemikir kreatif
Penelitian oleh psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist telah menemukan bahwa orang yang paling kreatif di banyak bidang adalah introvert.
“Budaya kita bias terhadap orang yang pendiam,” jelas Susan Cain, penulis 'Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking'.
10. Introvert bersifat mandiri dan memotivasi diri sendiri
Tak hanya pemikir kreatif yang hebat, tetapi orang introvert akan memberikan dimensi dan keseimbangan baru dalam sebuah kelompok. Namun, penting diingat bahwa mereka mungkin tidak bekerja dalam gaya yang sama dengan orang yang ekstrovert. Pertemuan dan kerja kelompok akan kurang kondusif bagi introvert. Seorang introvert baiknya diberi waktu, ruang, dan kemampuan untuk bermain dengan kekuatan mereka sendiri.
11. Teman yang Baik
Karena introvert cenderung lebih memilih lingkaran pertemanan yang kecil, maka mereka pun biasanya sangat setia, sangat perhatian, dan dapat diandalkan oleh teman-teman mereka.
12. Lebih mengedepankan Tindakan nyata daripada sekedar omongan belaka
Bagi seorang Introvert mereka akan lebih memilih melakukan tindakan yang nyata dari pada hanya sekedar ucapan. Terkadang dapat dijumpai juga seorang introvert yang langsung blakblakan tentang sesuatu jika dia rasa itu adalah saat yang tepat untuk mengungkapkan kebenaran.

13. Basa-basi adalah sesuatu yang tidak akan pernah ada dalam kamus mereka
Jika ingin meminta bantuannya katakan saja langsung, tidak perlu menceritakan dulu sesuatu yang sebenarnya tidak ada kaitannya. Tapi ada satu hal yang harus diketahui, soal cinta introvert tidak suka jika seseorang langsung menyatakan perasaannya padahal baru saja kenal. Introvert tahu loh, kapan kamu serius dan hanya main-main. Memikat hati introvert itu butuh perjuangan ekstra, harus siap bersabar dan belajar melangkah pelan-pelan.
14. Memiliki Fokus pada Visi dan Misi yang sangat kuat
Kebiasaan si introvert yang tidak mau ikut campur dengan urusan yang tidak melibatkan dirinya membuat introvert cenderung fokus pada tujuannya yang menurutnya lebih penting daripada ikut campur dalam hal yang bukan urusannya.
15. Punya kepekaan tinggi dan bisa menempatkan diri di posisi orang lain
Seorang introvert mempunyai kepekaan tinggi terhadap hal-hal yang menurut dia itu unik dan bermanfaat. Introvert sangat pandai menempatkan diri di posisi orang lain. Walaupun terlihat pendiam, ternyata introvert bisa memanfaatkan celah yang ada.
16. Terhindar Dari Pergaulan Negatif
Introvert cenderung untuk tidak terlibat dalam suatu kelompok akan tetapi jikapun mereka terlibat dipastikan dirinya tidak akan terlalu nampak dalam kelompok tersebut. Lebih memilih sendiri dan menganalisa apakah suatu tindakan dalam kelompok yang dilihatnya tersebut benar atau tidak, dan introvert akan menjadikanya sebagai bekal untuk dirinya sendiri ataupun saran yang baik kepada orang lain.
Dia lebih suka bergaul dengan orang-orang yang bisa memberi efek positif dalam kehidupannya. Teman yang bisa tulus memberi semangat dan mendukung cita-citanya. Seorang introvert akan berpikir bahwa kesendiriannya jauh lebih berharga dibanding berteman dengan orang-orang yang tidak membuat hidupnya lebih baik.
17. Bisa menjaga kepala tetap dingin di situasi sepanas apapun
Kelebihan lainnya yang dimiliki seorang introvert yaitu dia dapat menjaga emosinya walaupun emosinya lagi tinggi. Dia lebih memilih untuk berdiam daripada harus berdebat, karena menurut dia dengan dia diam itu bisa lebih mudah untuk menyelesaikan masalahnya.
18. Sangat teliti
Banyak yang belum tahu bahwa dibalik sifat pendiamnya, sebenarnya ia tengah berpikir kritis tentang sesuatu. Inilah salah satu kelebihan introvert. Ia sangat teliti membaca keadaan dan ekspresi wajah orang-orang disekitarnya dan mampu berpikir kritis.
19. Introvert punya gaya kepemimpinan unik
Para pemimpin ekstrovert percaya diri, ambisi, dan suka berteman, yang merupakan ciri berharga. Dibanding introvert, yang kerap dilihat kurang vokal, mereka sering dianggap sebagai pemimpin yang lebih lemah. Jennifer Kahnweiler, penulis 'The Introverted Leader', mencatat beberapa kekuatan pemimpin introvert dalam wawancara dengan Forbes. Orang introvert cenderung untuk tidak mendominasi percakapan, mencerna informasi, lakukan persiapan yang matang, fokus dan tenang, dan mampu meyakinkan orang lain di masa-masa sulit. Hal ini tentu saja memberikan kekuatan baru sebagai seorang pemimpin.
20. Di saat yang lain sibuk membicarakan kejelekan seseorang, introvert justru mampu melihat sisi baik orang tersebut
Inilah salah satu kelebihan introvert yang luar biasa. Mereka selalu berpikir pada dasarnya manusia itu baik, semua keburukan yang dilakukan mempunyai alasan tersendiri. Bukan hanya tahu tetapi juga mereka memahami banyak pengaruh yang membuat seseorang bertindak buruk. Jika mendengar keburukan seseorang, introvert cenderung melihat pada dirinya. Dibanding ikut menimpali, introvert lebih memilih mengintropeksi diri dan menjadikan pelajaran tentang apa yang dialami oleh orang-orang di sekitarnya.
21. Perasaan dan pemikirannya tidak akan mudah untuk ditebak
Introvert adalah pribadi yang mampu mengatur ekspresi agar selalu terlihat biasa-biasa saja. Jangankan melihatnya bahagia, mengetahui dia sedang jatuh cinta saja akan sangat sulit untuk dibaca. Hal ini yang membuat introvert nampak misterius, banyak yang penasaran mengenai semua tentangnya. Apa yang ia rasakan, apa yang ia inginkan, dan apa yang ia pikirkan. Ini juga yang menjadi alasan orang introvert cukup disegani. Pasalnya banyak yang takut mendekatinya karena tidak tahu harus berkata atau bertingah seperti apa.
22. Romantis
Kaum Inrovert merupakan pasangan yang pengertian, senang mendukung, dan pendengar yang hebat, ia juga tidak ragu memberikan ruang pada pasangannya.
23. Karakter yang Unik
Lebih memilih untuk sendirian, bukan berarti dia kesepian atau minta dikasihani. Dia justru sangat menikmati kesendiriannya. Banyak hal yang mungkin dianggap aneh bagi kebanyakan orang. Dia bisa menghabiskan waktu seharian untuk menulis di dalam kamar, membaca buku di perpustakaan sambil makan es krim, atau mengamati awan atau sesuatu dan memotretnya.
24. Pantang mengeluh dan jarang protes
Di dunia kerja kadang kala kita menemukan seseorang yang sering sekali mengeluh dan mengajukan protes tentang pekerjaannya. Namun itu tidak akan berlaku bagi seorang introvert, sekalipun pekerjaan yang dibebankan sangat berat, mereka akan tetap berusaha melakukan yang terbaik dan tidak akan pernah mengeluhkannya. Sifat dan sikap seperti inilah yang membuat introvert jarang memiliki musuh, mereka cenderung menghindari pertengkaran.
25. Jalani hidup dengan apa adanya
Dialah yang mengajarkanmu bersyukur menjalani setiap detik waktu hidup di dunia hidup dengan cara yang membuatmu nyaman. Sekalipun lebih sering terlihat diam dan cool, bukan berarti dia tidak menikmati hidupnya. Mungkin, dia tidak terlihat bercanda dan tertawa terbahak-bahak seperti teman-temanmu yang lain. Baginya, menjadi pendiam dan terlihat layaknya orang yang tidak bahagia adalah kebahagiaan itu sendiri.
26. Tidak Banyak Bicara
Banyak masalah besar yang berasal dari “keseleo lidah” atau keceplosan omongan. Insiden ini kadang sulit dihindari kalau kamu memang hobi berbicara. Beda lagi kalau kamu adalah seorang introvert, yang biasanya irit obrolan. Kata-kata yang dikeluarkan juga biasanya tersaring dulu. Kebiasaan semacam ini ternyata bisa menjadi berkah tersendiri. Selain cool, kamu juga akan terhindar dari yang namanya bahaya kebocoran rahasia, ngegosip, fitnah, dan sebagainya.
27. Tidak masalah jika harus belajar sendiri
Kepribadian mereka yang sangat suka melakukan segala sesuatu sendiri ini, berlaku juga ketika mereka sedang mencari pengetahuan-pengetahuan baru. Mereka bisa menjadi murid dan guru secara bersamaan.
28. Mudah mengetahui apakah seseorang itu berbohong atau tidak
Sebagai seorang introvert, ia lebih suka mengamati dan mendengarkan orang berbicara. Ini memungkinkan ia untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak. Secara tidak langsung, kaum introvert tidak mudah dibohongi.

Sifat diatas berdasarkan hasil pengamatan sebagian besar orang introvert, bukan berarti setiap pribadi introvert sifatnya sama persis 100% seperti yang diceritakan diatas. karena pada dasarnya setiap orang memiliki cara dan karakter nya masing masing.


Demikianlah Artikel Kelebihan dan Keistimewaan Introvert

Sekianlah artikel Kelebihan dan Keistimewaan Introvert kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Kelebihan dan Keistimewaan Introvert dengan alamat link http://www.ideguru.com/2019/02/kelebihan-dan-keistimewaan-introvert.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment