Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert

Iklan 728x90

Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert

Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert - Hallo sahabat Zona Psikologyst, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kepribadian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert
link : Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert

Baca juga


Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert

Menjadi orang introvert memang tidaklah bisa kita hindari. Saya sering mengalaminya mengeluhkan sifat yang pendiam dan agak sulit beradaptasi dengan lingkungannya karena memiliki sifat yang pendiam. Sebagai orang introvert kita tidak perlu menyesalkan kenapa kita menjadi orang introvert. Di dunia ini, orang introvert dan orang ekstrovert itu saling melengkapi. Namun, dalam kehidupan nyata memang menjadi orang introvert itu memiliki banyak sekali dilema. Maka dari itu, di pos ini saya akan membahas sisi positif dan sisi negatif menjadi orang introvert.


SISI POSITIF MENJADI SEORANG INTROVERT
1. Orang introvert adalah orang yang fokus
Orang introvert merupakan orang yang bisa menyelesaikan pekerjaan lebih tepat waktu. Hal ini dikarenakan orang introvert adalah orang yang tidak banyak bicara. Orang introvert bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dan berkonsentrasi dalam satu pekerjaan yang harus diselesaikannya. Misalkan dalam hal mengerjakan tugas sekolah atau tugas kantor.
2. Orang introvert lebih hemat
Orang introvert bukan tipe orang yang suka hura-hura. Orang introvert lebih suka menghabiskan waktunya dengan menyendiri. Orang introvert biasanya suka menghabiskan waktu dengan membaca buku, bermain dengan laptop, mendekorasi rumah menjadi lebih jauh lebih menarik. Aktivitas yang dihabiskan orang introvert biasanya lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Hal ini membuat orang introvert cenderung lebih hemat dalam hal pengeluaran. Selain itu, tipikal orang introvert memang bukanlah orang yang suka memboroskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu, karena sworang introvert itu lebih suka mengutamakan fungsi barang/benda yang ingin dibeli. Jika dirasa benda itu kurang bermanfaat maka si introvert enggan untuk membelinya.
3. Orang introvert lebih mampu menjaga rahasia orang lain 
Orang introvert tidak suka membicarakan kejelekan orang lain dan bergosip. Orang introvert cenderung lebih suka menghindari hal-hal tersebut. Orang introvert yang cenderung pendiam ini lebih bisa diandalkan untuk menjaga rahasia orang. Sehingga banyak teman seorang introvert yang suka mencurahkan isi pikiran/hatinya kepada seorang introvert.
4. Sosok orang yang lebih peka 
Orang introvert lebih mampu menilai dan membaca orang lain. Orang introvert yang pendiam adalah tipe orang pengamat. Dia lebih suka mengamati hal-hal di sekir, walaupun yang diamati seorang introvert itu adalah hal yang sepele tapi itu bisa membuat seorang introvret bahagia walaupun itu sederhana. Orang pendiam biasanya lebih jeli merasakan apa yang dirasakan orang lain terhadap kita. Hal ini dikarenakan orang yang tidak banyak bicara lebih sering melakukan kegiatan untuk mengamati hal-hal yang ada di sekitarnya.
5. Orang introvert memiliki ide-ide yang bagus
Orang introvert cenderung memiliki ide-ide dan pemikiran yang bagus. Hanya saja, mereka jarang menuangkannya dalam bentuk lisan. Mungkin karena mereka malu atau takut jika ide yang di ungkapkannya kurang berkenan bagi orang lain atau mungkin introvert itu lebih suka memendam ide dalam pikirannya sendiri. Itulah mengapa orang introvert cenderung pintar menggambar, main musik, menulis.


SISI NEGATIF MENJADI SEORANG INTROVERT
1. Mengalami dilema dalam sosialisasi dan komunikasi 
Orang introvert memang agak kaku dalam bersosialisasi, walaupun tidak semua. Sebenarnya orang introvert itu dibagi lagi menjadi beberapa tipe orang. Tetapi, dalam kehidupan nyata memang lebih banyak ditemui orang introvert yang cenderung pendiam, lebih suka menyendiri dan agak pemalu. Memang terkadang ini bisa menjadi sisi negatif karena bisa sedikit menghambat pergaulan sehari-hari. Oleh karena itu, jika anda adalah orang yang terlalu pendiam, ada baiknya anda harus mencoba sedikit keluar dari zona tersebut. Memang tidak mudah, tetapi anda harus mencobanya.
2. Terkadang terjebak dalam rasa kebosanan yang luar biasa
Orang introvert cenderung berpotensi menghadapi kebosanan yang luat biasa. Saya juga mengalami hal ini. Alasan yang bisa menjelaskannya adalah: Orang introvert adalah penyendiri, orang introvert cenderung memiliki sedikit teman, orang introvert lebih suka menghabiskan waktu sendiri, orang introvert seringkali tidak minat jika keluar rumah terlalu sering. Hal-hal ini seringkali membuat orang introvert menjadi garing. Rasa bosan tetapi tidak tahu bagaimana cara mengusir rasa bosan tersebut. Inilah yang kurang enak yang dialami oleh orang introvert.
3. Banyak orang berprasangka buruk terhadap orang introvert
Orang pendiam biasanya dianggap sombong, anti sosial, terlalu individual dan tidak mau bergaul. Padahal hal ini tidak benar. Tapi memang sebagai orang introvert terkadang kita memiliki dilema seperti ini. Akibatnya, secara tidak langsung orang-orang di sekitar kita menjadi kurang enak jika ingin berkomunikasi dengan orang introvert.


4. Orang introvert seringkali mengalami gugup, terutama ketika presentasi
Inilah sisi negatif orang introvert yang selalu menjadi dilema kebanyakan orang (introvert), yaitu seringkali merasa gugup ketika menjalankan presentasi. Orang introvert jarang berbicara dan tampil di depan, sehingga seringkali orang introvert merasa kurang pede ketika harus presentasi. Saya mengalami sendiri rasanya gugup dan takut ketika harus presentasi. Namun, saya sudah bisa menghilangkan rasa gugup presentasi ini sejak saya kelas dua SMK. Dan sekarang sudah hampir memasuki dunia kerja, saya sudah hampir bisa melakukan presentasi dengan baik (walaupun ada sedikit gugup), tapi saya bisa menguasai materi dengan baik.

Itulah beberapa sisi positif dan negatif seorang introvert. Jika ada hal yang ingin di tanyakan bisa kirim komentar dibawah atau buka laman Contact Us di web ini. Sekian dan terima kasih.


Demikianlah Artikel Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert

Sekianlah artikel Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Sisi Positif dan Sisi Negatif Menjadi Seorang Introvert dengan alamat link http://www.ideguru.com/2019/01/sisi-positif-dan-sisi-negatif-menjadi.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment