Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami

Iklan 728x90

Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami

Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami - Hallo sahabat Zona Psikologyst, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kepribadian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami
link : Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami

Baca juga


Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami

Nah untuk mengetahui ciri-ciri lebih jauh seseorang dengan karakter introvert, Ekstrovert, dan Ambievert saya akan mengulasnya untukmu.
CIRI-CIRI INTROVERT
1. Tidak Terlalu Nyaman Berbasa-basi
Seorang introvert cenderung suka percakapan yang berbobot atau bermakna. Jika terlibat dalam obrolan ringan, ia lebih senang mendengarkan, tapi canggung untuk menimpali. Nggak heran sih, karena orang yang introvert memang lebih suka berbicara yang memang punya manfaat dibanding sekadar ngobrol ngalor ngidul hanya sekadar untuk berbasa basi.
2. Merasa Sendiri di Tengah Keramaian
Seorang introvert sering merasa seperti asing di tengah-tengah perkumpulan sosial dan kegiatan kelompok, bahkan dengan orang yang dikenalnya. Bukan hanya merasa asing, seorang introvert selalu ingin segera pulang dan menyendiri. Mereka memang lebih mampu menikmati kesendiriannya guna mengumpulkan tenaga untuk menjalani hidup sehari-hari.
3. Jeli dan Penuh Perhatian dengan Orang Disekitar
Pribadi introvert sangat memperhatikan lingkungannya dan mengingat setiap detailnya. Jadi tak heran jka seorang introvert dianggap penuh perhatian oleh orang di sekelilingnya. Mereka bahkan mampu menyediakan waktu bagi orang lain, terutama orang terdekat untuk menceritakan isi hati mereka.
4. Senang Mengumpulkan Pandangan Teman-temannya
Dalam pekerjaan kelompok, mereka yang introvert lebih senang mengumpulkan pandangan mereka sebelum bicara dalam sebuah situasi kelompok, misalnya mengirim email dulu ke semua anggota tim dan saling berpendapat di situ. Introvert lebih menyukai membaca informasinya terlebih dahulu baru masuk ke sesi komentar.
5. Bisa Bersikap Dewasa
Salah satu ciri orang introvert adalah bersikap lebih dewasa daripada usianya. Seorang introvert akan selalu menyerap banyak informasi dan berpikir keras sebelum berbicara. Sehingga ucapan yang muncul dari orang-orang introvert adalah hasil dari buah pikiran yang mendalam.
6. Lebih Senang Mengekspresikan Diri Dengan Tulisan
Seorang introvert memiliki kemampuan yang lebih untuk merenung, instrospeksi, dan berkomunikasi melalui menulis. Saat komunikasi verbal membuat mereka tak selalu nyaman, seorang introvert akan menuangkannya ke dalam tulisan. Tak heran jika seseorang dengan karakter ini berpotensi menjadi penulis kritis. Saat berkomunikasi biasa, seorang introvert juga lebih nyaman untuk berkirim pesan teks atau email ketimbang telepon, atau bertatap muka.



CIRI-CIRI EKSTROVERT
1. Senang Berinteraksi dan Bersosialisasi

Salah satu ciri-ciri dari kepribadian extrovert adalah mereka senang sekali berinteraksi dan bersosialisasi. Sehingga tidak ada orang extrovert yang memiliki gangguan kepribadian anti sosial. Mereka yang memiliki kepribadian extrovert memang sangat senang untuk mengadakan kegiatan di sekolah, lingkungan kerja, maupun tempat tinggalnya. Bagi seorang yang extrovert hal tersebut adalah hal yang menyenangkan baginya. Mereka senang berinteraksi dan bersosialiasi dengan banyak orang serta menambah teman-teman  baru.
2. Mudah Untuk Bergaul 
Baik di dalam dunia nyata maupun dunia maya, mereka memiliki kehalian tersendiri untuk bergaul dengan lainnya. Sangat mudah bagi orang yang memilki kepribadian extrovert untuk bisa mendapatkan teman-teman baru. Mereka tidak pemilih dan bersikap lebih terbuka dengan siapapun, termasuk dengan orang yang mungkin baru saja dikenalnya. Namun hal ini lah kekurangannya yang menjadikannya kurang selektif dalam mencari teman.
3. Selalu Bersemangat dan Antusias
Di dalam kehidupan sehari-harinya, orang yang memiliki kepribadian extrovert memang akan tampak ceria, tertawa, riang, dan bersemangat sepanjang waktu. Apalagi jika dihadapkan pada situasi dan hal-hal yang baru maka akan sangat membuat diri mereka antusias. Inilah yang menjadi ciri khas dari kepribadian extrovert.
4. Spontan Dalam Berbicara atau Bertindak
Orang-orang dengan kepribadian extrovert memang memiliki kecenderungan untuk spontan dalam bertindak maupun berbicara. Sehingga mereka terkesan ceplas-ceplos, apa yang ingin mereka katakan maka mereka akan langsung menyampaikannya. Mereka jarang memikirkan sesuatu yang hendak dibicarakan. Hal itu pun juga berlaku ketika mereka melakukan sebuah tindakan.
5. Pandai Mencairkan Suasana
Mereka yang didominasi dengan kepribadian extrovert memang cenderung lebih setia dimanapun dan kapanpun berada, terutama dalam lingkup pertemanannya. Uniknya dari kepribadian ini adalah mereka selalu bisa menjadi pencair suasana atau ice breaker.
6. Senang Menjadi Pusat Perhatian
Orang-orang dengan kepribadian extrovert senang sekali jika menjadi pusat perhatian dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka memang cenderung populer di berbagai kalangan, baik pertemanan, pekerjaan, maupun lingkungan lainnya. Tak heran jika banyak selebritis yang merupakan tipikal kepribadian extrovert. Meskipun tidak semuanya, namun sebagian besar adalah kepribadian extrovert.
7. Lebih Senang Menjadi Pembicara Dibanding Pendengar
Seorang extrovert memang lebih suka jika menuangkan ide serta gagasan yang mereka miliki kepada orang lain. Di dalam sebuah diskusi, mereka akan lebih mendominasi suara yang memang terbilang cukup kreatif. Namun terkadang memang masih kalah berbobot dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kepribadian introvert. Dibandingkan dengan introvert yang memang lebih sering menjadi pendengar daripada jadi pembicara.
8. Tampil Penuh Percaya Diri
Percaya diri merupakan hal yang mungkin tak dimiliki oleh semura orang. Setiap orang tentunya memiliki porsi berbeda untuk kepercayaan diri masing-masing. Namun untuk kepribadian extrovert, hal tersebut adalah sesuatu yang wajib dalam diri mereka. Sebisa mungkin mereka akan tampil penuh percaya diri dan berbeda dibandingkan orang lain. Mereka tampil penuh energik bahkan ketika di depan publik sekalipun.
9. Terkesan Tegas dan Sigap
Seseorang dengan kepribadian extrovert memang cenderung untuk bersikap tegas dan sigap, baik itu bekerja maupun dalam bertindak. Mereka juga sangat cepat dalam mengambil sebuah keputusan. Bahkan mereka dengan kepribadian extrovert juga sering menjadi seorang pemimpin dalam sebuah kelompok.
10. Senang Bekerja Kelompok
Karena kepribadannya yang tidak menyukai kesendirian, maka tentu saja orang-orang extrovert akan lebih senang bekerja kelompok dibandingkan sendiri. Rasa semangat yang ada di dalam dirinya akan berkurang ketika mereka ada dalam kondisi yang sendiri. Bahkan kesunyian akan membunuh semangat dan antusias yang dimilikinya.


CIRI CIRI AMBIEVERT
1. Mudah berada dalam zona nyaman terutama di keramaian
Bagi mereka yang mempunyai kepribadian introvert mungkin akan merasa tidak nyaman jika berada ditengah keramaian, tetapi bagi seseorang dengan kepribadian ambivert dan ekstroveert akan merasa nyaman-nyaman saja ketika berada ditengah – tengah keramaian. Hanya saja perbedaannya bagi seseorang dengan kepribadian ekstovert akan lebih aktif memulai percakapan terlebih dahulu dengan orang baru sedangkan seseorang ambivert lebih suka menikmati kondisi tersebut dengan cara hanya melihati situasi disekelilingnya dan tidak berinisiatif untuk memulai percakapan terlebih dahulu dengan seseorang.
2. Memiliki ruang waktu sendiri dalam bersosialisasi
Orang ekstrovert akan lebih suka atau bersemangat jika bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain, sedangkan orang introvert akan lebih nyaman jika menyendiri dan bisa bergelut dengan dunianya sendiri. Tetapi bagi orang ambivert berada ditengah – tengah situasi tersebut.
Mereka akan merasa gerah jika terlalu lama menyendiri karena mereka juga membutuhkan bersosialisasi dengan orang lain, tetapi di satu sisi lain si ambivert akan merasa mudah lelah jika terlalu banyak berinteraksi/ bersosialisasi dengan orang lain.
3. Kepribadian menyesuaikan lawan bicara
Seorang ambivert lebih fleksibel, lebih bisa memposisikan dirinya, disaat lawan bicara mereka merupakan seorang dengan tipe introvert dia akan lebih banyak berbicara. Tetapi jika lawan bicara si ambivert adalah seseorang dengan tipe ekstrovert dia akan membiarkan lawan bicaranya bercerita dan si ambivert akan lebih banyak mendengarkan.
4. Fokus terhadap pembicaraan yang spesifik
Seorang ambivert tidak pernah merasa malas untuk menanggapi percakapan ringan meskipun hanyalah basi – basi. Tetapi seorang ambivert akan lebih bersemangat jika percakapan tersebut merujuk pada topik yang lebih spesifik atau mendalam sesuai minat. Seorang ambivert lebih tertarik berbicara tentang filosofi sebuah kehidupan.
5. Mampu berbicara sesuai situasi dan kondisi
Seorang ambivert lebih intuitif, lebih tahu kapan harus bicara dan kapan harus diam. Seorang ambivert bisa melakukan hal tersebut secara bergantian pada waktu yang tepat.
6. Tidak mudah membuat suatu perencanaan
Jika seorang ambivert dihadapkan dengan dua rencana/ pilihan biasanya mereka akan merasa sulit dalam menentukan pilihannya. Mereka bisa menentukan pilihannya dengan berdasarkan mood mereka saat itu.
7. Mudah beradaptasi
Seorang ambivert bisa dengan mudah berbaur dengan seorang yang mempunyai kepribadian introvert maupun ekstrovert. Maka dari itu , seorang ambivert lebih bisa memahami orang lain.
8. Seorang individu yang multi-tasking
Seorang ambivert akan tetap bisa mengerjakan sebuah proyek dengan cara berkelompok ataupun individu, karena mereka merupakan seseorang yang fleksibel dan nyaman disituasi apapun.Tetapi untuk seorang dengan kepribadian introvert lebih suka mengerjakan sendiri dan seorang ekstrovert tidak bisa mengerjakan suatu proyek sendiri.


Demikianlah Artikel Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami

Sekianlah artikel Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Ciri-ciri Introvert, Ekstrovert, dan Ambievert yang Harus Dipahami dengan alamat link http://www.ideguru.com/2018/12/ciri-ciri-introvert-ekstrovert-dan.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment