Advertisement

Cara Ternak Ikan Lele

Cara Ternak Ikan Lele

Cara Ternak Ikan Lele - Hallo sahabat Suguran, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Ternak Ikan Lele, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Hewan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Cara Ternak Ikan Lele
link : Cara Ternak Ikan Lele

Baca juga


Cara Ternak Ikan Lele

Cara Ternak Ikan Lele

Cara Ternak Ikan Lele

Cara ternak ikan lele | Ikan lele atau yang sering di sebut cat fish merupakan jenis ikan yang mudah di pelihara, ikan ini mampu bertahan dalam keadaan air yang keruh bahkan minim udara sekalipun. Ikan ini banyak di konsumsi di Indonesia. Permintaan pasarnya pun cukup banyak, peluang inilah yang membuat jenis ikan ini banyak diminati kalangan pembudidaya ikan air tawar. Ternak ikan lele ada dua jenis yaitu pembiyakan atau pemijahan dan juga pembesaran. Kebanyakan para petani melakukan pembesaran ikan lele, jadi petani ikan lele membeli benih lele yang sudah berukuran 5-10cm lalu di pelihara selama dua bulan dan langsung di pasarkan ke konsumen maupun tengkulak.  

Cara Ternak Lele Pemula

Pada artikel kita sebelumnya kita membahas mengenai cara mudah budidaya ikan cupang, kali ini kita akan membahas sedikit mengenai cara ternak ikan lele khususnya pembesaran. Bagi anda yang masih pemula dalam budidaya lele ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai cara ternak lele untuk pemula ini.

Menyiapkan Kolam Ikan lele

Pertama tama kita harus menyiapkan kolam untuk ikan lele, kolam dalam budidaya ikan ada tiga pertama terbuat dari tanah yang di gali, kedua dari semen berbentuk bak dan yang terakhir dari terpal. Nah untuk anda yang baru belajar alagkah baiknya jika menggunakan kolam terpal selain mudah jika suatu saat ingin di pindah temat terpal juga murah modal pembuatannya. 
Setelah kolam siap baru kita isi air dan diamkan selama sehari terlebih dahulu sebelum di isi dengan benih lele. 

Memilih Benih Ikan Lele

Hal yang paling sulit adalah dalam pemilihan benih ikan lele, memilih benih lele yang baik akan berpengaruh dengan  hasil budidaya kita.
Banyak sekali jenis ikan lele, mulai dari lokal yang tahan penyakit hingga yang keturuanan import. Aapun jenis lele yang akan kita pelihara pastikan benih tersebut berukuran 8-10cm agar lele dapat bertahan hidup. Kapasitas untuk menebar benih lele adalah 1:200 artinya setiap satu meter kapasitas ikan lele 200 ekor. Apabila kolam anda berukuran 3 meter maka anda memerlukan 600 ekor ikan lele. 
Cara memasukkan benih ikan lele dalam kolam adalah dengan cara perlahan lahan. Pertama masukkan benih lele beserta plastinya, biarkan beberapa menit hingga suhu di dalam kantong plastik yang berisi benih tadi memiliki suhu yang sama dengan air di dalam kolam. Barulah kita lepaskan plastik perlahan lahan, biarkan anakan lele keluar dari wadah sendiri. 

Cara Memberi Makan Ikan Lele

lele sebenarnya sangat mudah pemberian pakannya, anda bisa memberi pakan berupa pelet maupun sisa sisa makanan. Banyak di antara peternak lele yang rugi, bukan karena kematian namun karena pakan. Jadi jika anda melakukan budidaya ikan lele anda harus pintar pintar dalam memilih serta memberi makan alternatif. Banyak jenis pakan alternatif untuk ikan lele, di anntaranya seperti roti kadaluarsa yang bisa anda ambil di pabrik roti, sisa makanan yang bisa di dapatkan di warung makan, atau menggunakan maggot atau belatung. Pada artikel kami berikutnya kami akan memberikan cara bagaimana membuat pakan alternatif untuk ikan lele.

Pengelolaan Air Kolam Lele

Banyak sekali petani lele yang mengeluh masalah bau dari kolam lele ini. Padahal jika kita bisa mengelola tata air yang ada pada kolam tidak akan terjadi bau yang mengganggu. 
Ikan lele pasti akan mengeluarkan kotoran, kotoran inilah yang di sebut amoniak, amoniak akan berubah menjadi bau yang tidak sedap. Jadi kunci dari baunya kolam adalah bagaimana kita dapat membuang kotoran ikan lele. 
Salah satu caranya adalah dengan cara melakukan pembuangan air kolam secara rutin dan menambahakn air yang baru. Cara ini efektif di lakukan agar kolam ikan tidak berbau. baca juga fungsi daun ketapang bagi ikan cupang.

Cara Penen Budidaya Ikan Lele

Setelah lele berumur dua bulan kini saatnya melakukan pemanenan. Panen yang baik saat lele 1kg berisi 8-12 ekor. Jumlah ini pas dan sesuai dengan konsumsi orang Indonesia. Berbeda jika di gunakan untuk eksport minimal berukuran  500gr per ekor.  
Untuk cara pemanenan di lakukan dengan cara mengeringkan kolam terpal lalu menimbang hasil panen lele tersebut. Di harapkan sehari sebelum pemanenan ikan lele tidak perlu di beri makan agar saat lele di panen tidak mengeluarkan kotoran. 

Cara Ternak Ikan Lele Supaya Cepat Besar

Cara Ternak Ikan Lele

Demikianlah artikel kami mengenai cara ternak lele supaya cepat besar, tips dari kami agar hasil ternak lele cepat besar adalah pemberian pakan yang intensif, karena lele jika lapar dapat menjadi kanibal. Anda harus cerdas dalam mencari alternatif pakan bagi lele agar dapat menekan biaya pakan. Salam sukses pertanian organik.



Demikianlah Artikel Cara Ternak Ikan Lele

Sekianlah artikel Cara Ternak Ikan Lele kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Cara Ternak Ikan Lele dengan alamat link http://www.ideguru.com/2018/07/cara-ternak-ikan-lele.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment